Tips Ampuh Metro di Seoul

Kalau menurut saya transportasi umum yang paling aman itu ya metro (atau subway) soalnya nggak bakal bisa nyasar. Kalau nyasar dijalan, tinggal nanya orang dimana stasiun metro terdekat, beres. Nah, metro di Seoul ini terkenal dengan ke-rumit-annya. Linenya gila banyak banget, warna-warni, bahkah ada yang nggak ditandai dengan nomor, contohnya Sinbundang line Gyeongchun line, Jungang line, dsb. Disini, saya mau berbagi tips gimana cari memakai fasilitas metro ini dengan maksimal :). Cekidot!

1. Download peta atau aplikasi subway Seoul

Kalau saya sih pakai aplikasi namanya Jihachul (지하철). Pake aplikasi ini kalian bisa cek berapa lama dari satu stasiun ke stasiun lainnya, timetable, harga, dsb. Dahsyat dah aplikasinya dan gratis pula. Aplikasi lain sih banyak. Yang punya naver juga bagus menurut saya, tapi pake bahasa Korea hehehe.
Screenshot_2013-12-27-22-03-30

2. T-Money

YES, a thousand times YES! T-Money itu sangat-sangat recommended, lah. Selain gampang dan efisien, hemat pula. Ok, situasinya kayak gini: kamu pengen pergi ke suatu tempat dimana kamu harus naik bis, terus nyambung naik metro, terus naik bis lagi. Anggap sekali naik bis itu KRW 1000 dan metro juga anggap lah KRW 1000, berapa totalnya? KRW 3000 dong ya. Nah, kalau kamu pakai T-Money, kamu nggak bakal bayar 3 kali, walaupun dalam kenyataannya bakal di hitung berdasarkan jarak, tetap aja nggak perlu bayar pas ganti kendaraan. Istilahnya, kamu bisa transfer dari bus ke metro ato metro ke bus dalam jangka waktu 30 menit setelah kamu nge-tap kartu T-Money kamu. Nggak perlu nyari uang kecil, nggak perlu nenteng2 benggolan, cuman kartu aja (ada juga yang bentuknya gantungan hape). Bagus lah pokoknya, a must have item!

3. Gerbong spesial buat transfer

Nah ini dia yang jarang banget orang yang tau. Jadi di setiap platform (keknya nggak semuanya sih) bakal di tempel jalur line metro itu, misalkan nih gambar yang ada dibawah ini.
1386385147973Jadi ini adalah jalur buat line 5. Nah kalau misalkan saya pengen transfer ke line 2 di stasiun tertentu, saya liat tuh segitiga kuning di atas nomor linenya. Liat kan di setiap buletan ada segitiga kuning. Nah, nomor yang ada di segitiga kuning ini adalah nomor pintu paling dekat dengan tempat transfer. Jadi dengan naik di gerbong melalui pintu ini, kalian bisa hemat waktu transfer ke line lain. Misalkan nomor yang tertera di di segitiga kuning itu adalah nomor 4-1, maka saya pergi ke pintu nomor 4-1 (kayak gambar dibawah). Pas sampai di stasiun tempat saya akan transfer, saya bakal lebih cepat sampai di line yang saya tuju.
1386385213056

 

4. Kiri apa kanan?

Nah, kalau misalkan metronya sepi sih nggak masalah, tapi kalo lagi sesek-seseknya, pas mau keluar ribet dong buat jalan ke pintunya, ntar malah nggak sempat keluar soalnya sesak banget. Don’t worry! Salah satu cara adalah kamu nerobos lautan orang tersebut dengan sekuat tenaga ala Ajumma. The other way adalah dengan mengetahui lebih awal pintu mana yang akan terbuka, jadi kamu bisa bediri di dekat pintu itu in advance. Caranya? Liat papan informasi yang letaknya di atas pintu metro, kayak di bawah ini.
Photo 2014. 4. 19. 오후 1 31 35 (1)Liat kan buletan-buletan di atas setiap nama stasiun? Nah, disitu ada dua warna kan? Putih dan kuning. Pas kamu masuk dari stasiun A, liat di papan ini warna stasiun ini warnanya apa, misal putih. Kemudian, liat lagi stasiun yang kamu tuju, misal sama warna, berarti kamu bakal keluar di pintu yang sama, kalau kuning berarti di pintu yang satunyanya lagi. Easy, huh?

5. I wish there were toilets in metro

Pasti sangat nyaman kalo di metro ada toilet ya. What? No, di metro Korea juga nggak ada kok toilet di dalam metro. Tapi kalo kamu kebelet banget, tinggal keluar di salah satu stasiun terus pipis deh. Hmm, tapi harus tap buat keluar, terus masuk lagi bayar dong? Ah, nggak juga, kamu bisa bilang ke petugasnya kalo kamu pengen keluar bentar buat ke toilet, tapi ya harus pake bahasa Korea dan semua stasiun ada yang jagain. OK, tenang jangan panik. Liat papan ajaib yang ada di nomor 4. Liat antara stasiun kamu sekarang dan stasiun tujuan kamu ada nggak stasiun yang diatasnya ada simbol toilet. Kalau ada berarti di stasiun tersebut terdapat toilet di bagian dalam mesin tap. Dengan kata lain, kamu nggak harus nge tap buat keluar untuk ke toilet. Nggak ada? Ya, tahan aja deh. Oia, yang bawa anak dan pengen ganti popok anak juga bisa ke ruang keluarga, cari aja di papan ajaib itu stasiun yang ada gambar anaknya.

6. Etiket

Saya baru baca tentang seseorang yang nulis di Path-nya dia yang isinya dia marah-marah sama ibu hamil di KRL soal tempat duduk (link berita ada di bawah). Menurut saya itu sih haknya dia untuk tidak memberi tempat duduk kepada ibu hamil, toh dia bayar sebanyak yang ibu hamil itu bayar, tapi apakah itu etiket baik? Di Korea, walaupun nggak semua orang, tapi hal ini merupakan etiket yang sering di lakukan karena orang-orangnya juga sadar. Walaupun ada tempat khusus buat ibu hamil, tapi orang-orang yang duduk di tempat biasa juga bakal ngasih tempat duduk apabila ada ibu hamil berdiri di depan dia. Di setiap gerbong, di bagian dekat pintu antar gerbong adalah tempat untuk orang tua, sakit, dan ibu hamil, jadi jangan duduk disitu ya kalo kamu sehat walafiat. Kalau mau dengerin lagu, pake earphone. Jangan buang sampah sembarangan. Dan ini yang lumayan penting, jangan ambil foto orang lain tanpa seizin mereka, atau tujuan terakhir kalian bisa jadi kantor polisi.

Segini dulu ya! Happy Metro-ing!

_lucky77_

Link berita: klik disini.
PS: Ini nggak ada di semua stasiun/metro, tapi banyak yang ada, kok.

Iklan

4 pemikiran pada “Tips Ampuh Metro di Seoul

Tulis balasan kamu ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s