Saint Peter’s Basilica: Fakta-fakta Menarik

SAM_3421

Saint Peter’s Basilica yang terkenal ini letaknya di Kota Vatikan. Kota Vatikan ini sendiri adalah sebuah negara independen, lho. Saint Peter’s Basilica ini juga ternyata adalah gereja terbesar di dunia! Nah, that’s the first fact. Sebelum ke fakta-fakta selanjutnya, baca dulu cerita gimana saya bisa kesana!

Karena Kota Vatikan itu letaknya cuman beberapa stop aja pake subway dari Stasiun Termini dekat saya nginap, so, why not? Musti datang pagi-pagi banget soalnya antriannya bisa gila-gilaan. Dan bener lho, walaupun gratis, untuk dapat masuk ke gereja ini kita harus melewati security dan antriannya bisa panjang banget bahkan sampai mengitari Saint Peter’s Square di depan gereja dan square ini gede banget!
SAM_3517

Fakta menarik tentang orang-orang Eropa adalah mereka juga suka nerobos antrian. Saya pikir ini hanya terjadi di Indonesia. Tapi, orang-orang Eropa juga berani negur dan nyinggung. Seorang pemandu wisata bahkan sampai bilang kayak gini ke orang yang nerobos antrian: “Now, we can see who is educated and who is not (Sekarang kita bisa tau siapa yang terpelajar dan nggak)” dengan nada nyinggung.
SAM_3475

Ngantri emang kelewat panjang sih, walaupun saya udah datang lumayan pagi. Tapi pas udah sampai di gereja, wow, penantian panjang emang worth it banget, dah. Kalau kamu sudah tau banyak tentang gereja ini atau punya buku panduan mungkin kamu nggak perlu pakai pemandu. Kalau saya sih nggak tau apa-apa, jadi saya ikut tour dari gereja ini. Kalau yang audio doang sih kalo nggak salah EUR 5, tapi kalau ada pemandunya jadi EUR 10 (pake kartu pelajar internasional).

SAINT PETER AND KEYS OF HEAVEN
SAM_3466

Kalau kalian ngeliat lukisan atau patung Saing Peter, pasti kalian ngeliat dia lagi megang sebuah kunci atau beberapa kunci. Kunci itu adalah kunci surga. Tau nggak sih kalau gereja dan square Saint Peter ini kalau di liat dari atas membentuk sebuah lubang kunci. Coincidence?

PIETA
SAM_3454

Mahakarya Michelangelo yang di pajang di gereja ini. Kalau kalian kesana, kalian pasti ngeliat Pietà ini di lindungi sama sebuah kaca transparan. Kenapa? Beberapa tahun yang lalu ada seorang turis dari Australia yang mengaku kalau dia itu tuhan, jadi dia ngelempar palu ke Pietà ini dan hancur lah beberapa bagian dari patung ini. Alhasil, karena patung ini harus dibaikin, jadi udah nggak 100 persen asli. Pemerintah pun akhirnya masang kaca buat ngelindungin Pietà.

THE BLESSED POPES
SAM_3461

OMG … Ternyata di gereja ini kita bisa ngeliat mayat Pope yang sudah di awetkan! Saya aja kaget banget. Tapi nggak semua Pope yang sudah meninggal di tampilkan di atas. Hanya Pope yang di berkahi (Blessed Pope) aja yang di angkat ke atas supaya pengikutnya bisa ngeliat. Banyak kriteria yang harus di penuhi untuk jadi seorang Blessed Pope. Salah satunya adalah di cintai oleh rakyatnya.

THE WRONG FOOT
SAM_3441

Orang-orang yang datang ke gereja ini banyak yang ngantri buat megang kaki patung Saint Peter. Kebanyakan mereka memegang kedua kakinya. Tapi, menurut pemandu saya, seharusnya hanya memegang kaki yang nonjol ke depan, yaitu yang sebelah kanan.

THOSE ARE NOT PAINTINGS
SAM_3460

Kalau kalian mikir lukisan yang di pajang di gereja ini ini adalah lukisan yang di buat dari cat, kalian salah besar. Pajangan itu adalah mozaik, dibuat dari batu yang besarnya cuman sekuku. Berapa lama ya jadinya??

THE HOLY DOOR
SAM_3470

Katanya pintu ini setiap 25 tahun sekali di hancurin buat menyambut kedatangan orang-orang dari seluruh dunia. Terakhir tahun 2000 jadi datang ya tahun 2025.

THE SWISS GUARD
SAM_3471

Why Swiss?? Gampang! Soalnya mereka adalah negara netral!

Overall, jalan-jalan ke Saint Peter’s Basilica itu keren banget. Kalau nggak pake pemandu juga seru kok nikmatin indahnya gereja ini. Lebih seru lagi kalau pake pemandu, kalian bisa tau banyak soal fakta-fakta menarik tentang gereja ini!
SAM_3450

PS: Fakta-fakta ini saya tau dari pemandu saya. Kalau ada kesalahan disini ya salahin pemandunya, ya. Hahah. Nggak kok, kalau ada yang salah mohon di maafin dan di benerin ya, jangan marah-marah, hehehe.

_lucky77_

Iklan

Tulis balasan kamu ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s