Peta + Jalan Kaki di Roma Bagian 2

Perjalanan jalan kaki saya lanjut lagi setelah beberapa menit menikmati Fontana di Trevi. Cuaca waktu itu panas banget tapi tetep aja para turis-turis berlomba-lomba ngambil foto terbaik.

Tujuan berikut saya adalah the infamous Colosseum. Sebenarnya saya bisa aja naik metro ke stasiun Colosseo, tapi kalo ngeliat peta kota Roma, pasti kalian juga tergoda buat jalan kaki. Jujur setelah saya nyampe di Colosseum, saya sadar kalo perjalanan ke Colosseum lebih menyenangkan dari pada Colosseum sendiri. Read on!

Saya ngelewatin banyak gereja dan piazza. Satu gereja yang bikin saya terpukau dan menggugah iman saya adalah gereja Sant’Ignazio di Loyola. Interiornya gila keren parah. Yang spesial adalah langit-langit gereja ini yang di hiasi ama lukisan-lukisan. Oh my … saya sebenarnya nggak expect Roma punya harta karun kayak gereja ini.
SAM_3281 SAM_3291 SAM_3294 SAM_3301 SAM_3303 SAM_3310

Jalan sedikit dari gereja Sant’Ignazio di Loyola, ketemu sama Pantheon. Pantheon ini adalah rumah dewa-dewi Roma kuno. Gedung ini sih sebenarnya menurut saya biasa aja, nggak indah-indah amat di bandingkan ama gereja-gereja di Roma. Banyak turis yang datang kesini. Yang unik sih, atap Pantheon ini berbentuk sirkular dan tengahnya ada lobangnya. Jadi matahari masuk ke dalam gedung dalam bentuk lingkaran. Bediri di cahaya yang masuk itu keliatan kayak malaikat deh, heheh. Saya pasti nyoba dong, biar hati iblis penampilan boleh kayak malaikat ya kan ya. Heheh.
SAM_3315 SAM_3325

Piazza Navona adalah tempat terujung dari tempat saya memulai perjalanan. Dari sini saya musti mutar ke arah Colosseum. Cape sih, but really worth every drop of sweat. Piazza Navona ini cukup besar. Layaknya piazza-piazza lain di Roma, piazza ini isinya restoran, cafe, patung-patung dan air mancur.
SAM_3331 SAM_3334 SAM_3344

Perjalanan menuju Colosseum menjadi kurang menarik dari sebelumnya. Mungkin karena saya sudah cape juga. Satu yang menarik perhatian adalah sebuah gedung besar di tengah jalan bernama Monumento Nazionale a Vittorio Emanuele II (National Monument to Victor Emmanuel II) . Baca-baca di Wikipedia, Victor Emmanuel ini adalah raja pertama Italia. Gedung ini sangat besar, putih dan tinggi. Musium di dalam gedung ini gratis dan saya sempat naik keatas buat ngeliat landscape kota Roma. Nggak tinggi-tinggi amat sih tapi bisa ngeliat Colosseum dari sini.
SAM_3355

Perjalanan ke Colosseum dari Monumento Nazionale a Vittorio Emanuele II melewati reruntuhan. Kalau beli tiket masuk Colosseum udah di gabung ama tiket masuk reruntuhan ini. Saya sih yang abis dari Athena sudah banyak ngeliat reruntuhan dan reruntuhan di Roma ini luas banget. Jadi saya memutuskan untuk pergi ke Colosseum aja. But kalau kalian ke Roma, saya lumayan recommend sih ke reruntuhan ini. Oia, sekedar tips, bakal banyak orang yang pake kostum kayak prajurit gitu. Mereka bakal nawarin turis mau foto bareng apa nggak without saying the fee. Jadi, turis bakal mikir kalau itu free yang sebenarnya mereka bakal nuntut duit abis foto bareng. Be careful, tourist trap is everywhere.
SAM_3391

Wow, finally Colosseum. Peninggalan sejarah yang banyak banyak orang pengen secara langsung datang dan ngeliat. Why oh why, saya ngerasa rada kecewa. I don’t know, memang sih Colosseum itu nyimpan sejarah yang keren banget, but somehow I just don’t get amazed. Haha, mungkin karena saya udah cape banget kali ya. Well, regardless … saya rasa at least once in a lifetime harus lah ke tempat terkenal kayak gini. You will never know until you try kan ya.
SAM_3402 SAM_3416 SAM_3410

Huah, satu harian penuh jalan kaki tanpa sedikitpun ngeluarin duit buat transportasi. Bukannya pelit sih, but I just knew it was gonna be really really fun!

Sekalian mau bilang makasih sama om om Jepang, pasangan Amerika, sama agassi Korea udah mau moto-motoin saya :D.

_lucky77_

Tulis balasan kamu ^^

