Must Visit Place in Korea: Istana Gyeongbok

Istana Kyeongbok

Istana Gyeongbok (경복궁) adalah sebuah istana yang dibangun pada tahun 1395, yakni 3 tahun setelah berdirinya dinasti Joseon (조선). Letaknya sekarang adalah di tengah Seoul, ibu kota Korea Selatan. Ada beberapa pintu untuk masuk ke dalam istana ini. Salah satunya melalui gerbang Gwanghwamun (광화문) yang cukup terkenal. Di depan Gwanghwamun ini terdapat pula Gwanghwamun Square. Di Gwanghwamun Square terdapat patung raja terkenal di Korea yang menciptakan alfabet Korea atau Hangeul (한글) yang sekarang dipakai di Korea. Dulunya Korea “meminjam” karakter huruf cina sebagai alfabet mereka.

Istana Gyeongbok ini pernah di bakar oleh Jepang pada jaman penjajahan mereka di Korea yakni pada tahunn 1592. Kemudian istana ini di bangun kembali pada tahun 1867. Di dalam istana ini terdapat banyak bangunan dengan fungsinya masing-masing. Bangunan-bangunan ini sendiri memiliki corak khas korea dengan warna merah tua dan hijau yang mendominasi.
Salah satu bangunannya adalah Geunjeongjeon (근정전). Bangunan ini terletak setelah gerbang Heungnyemun dan di disinilah sang raja melakukan pekerjaannya seperti meeting dengan bawahan, menyambut tamu, dan mengadakan upacara. Di langit-langit bangunan ini terdapat ukiran berbentuk naga berwarna emas yang sangat indah.
Kemudian ada bangunan yang merupakan tempat sang raja untuk melakukan kegiatan sehari-hari namanya Gangnyeongjeon (강녕전). Disini tempat sang raja untuk tidur, makan, membaca, dan melakukan aktifitas pribadi lainnya. Di belakangnya ada Gyotaejeon yakni tempat tinggal sang ratu.

Geunjeongjeon dengan latar belakang gunung Bokaksan

Istana ini cukup luas dan memerlukan waktu untuk mengelilingi dan mempelajari fungsi-fungsi yang ada di setiap bangunan. Disini juga terdapat taman yang di dalamnya terdapat sebuah kolam bernama Hyangwonji (향원지) dan ditengah kolam tersebut berdiri sebuah pondok kecil khas Korea bernama Hyangwonjeong (향원정). Dan ternyata taman dan kolam ini adalah bagian dari sebuah istana di dalam istana. Istana ini bernama Geoncheonggung (건청궁) dan dibangun oleh Raja Gojong (고종왕). Disini pernah terjadi tragedi pembunuhan seorang ratu bernama Myeongseong (명성왕비) oleh Jepang.
Kalau di lihat lebih teliti, ada beberapa patung hewan menghiasai beberapa tempat di dalam istana ini. Dan pastinya patung-patung hewan tersebut juga mewakili sesuatu. Istana ini mempunyai latar belakang sebuah gunung bernama Bukaksan (북악산).

Gangnyeongjeon: tempat raja melakukan aktifitas pribadi

Untuk ke tempat ini sangat mudah dan terjangkau, kok. Kamu bisa naik metro line nomor 3 (warna oranye) dan berhenti di Gyeongbokgung Station (경복궁역) dan keluar dari exit nomor 5 atau line nomor 5 (warna ungu) dan berhenti di Gwanghwamun Station (광화문역) dan keluar dari exit nomor 2. Ongkos transportasinya kalau di dalam Seoul berkisar USD 1-2. Harga tiketnya pun cukup terjangkau yakni USD 3 perorang. Ada tour guide gratis juga berbahasa Inggris pada jam-jam tertentu.
Punya rencana berkunjung ke Korea? Tempat ini is a must visit!

Kolam Hyangwonji dan pondok Hyangwonjeong

_lucky77_

Iklan

Tulis balasan kamu ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s