Mengunjungi Dewa-Dewi di Athena

20130707_172919
Kalau dengar kata Athena pasti kebayang yang pertama kali adalah kuil-kuil dewa-dewi Yunani. Yup, saya sendiri sudah mengunjungi beberapa kuil dewa-dewi tersebut. Impresi saya sih sebenarnya wow banget, entah kenapa, padahal sebenernya kuilnya ya biasa aja, nggak ada ornamen, nggak ada patung-patung. Mungkin karena mindset saya sudah terkagum dengan fakta bahwa kuil-kuil ini adalah kuil dewa-dewi, yang dipuja-puja oleh orang-orang Yunani ratusan tahun lalu.

Beberapa kuil letaknya berdekatan, kok. Di area Ancient Greece Agora terdapat kuil Hephaestus yaitu dewa besi. Agora sendiri dulunya adalah center dari Yunani, banyak orang-orang dari segala penjuru datang ke Agora ini, ya mau berdagang, ke bagian administrasi negara, dan lainnya. Sekarang ya cuman reruntuhan. Tips dari saya kalau mau ke Agora ini (atau beberapa tempat bersejarah di Athena) adalah dengan mendownload audio guide gratis. Sambil dengerin audio guide sambil mengitari Agora. Dijamin pasti dapat feelnya ketika mengitari reruntuhan di Agora ini. Nama audio guidenya adalah Rick Steves audio walking tour. Gratis! Kuil Hephaestus ini letaknya di sebelah kanan dari entrance dan lokasinya rada tinggi sehingga bisa ngeliat landscape Agora dan bukit Akropolis dimana terdapat Parthenon yaitu kuilnya dewi Athena.
20130707_103512 20130707_103203
Tips lain dari saya buat yang masih belajar adalah dengan membuat kartu pelajar internasional. Jadi ceritanya Agora, Akropolis dan 4 tempat lain jadi satu paket tiket masuk seharga 12 Euro. Coba tebak berapa saya bayar untuk satu paket tiket ini … tahan nafas, 6 euro! Yup, Athena baik banget sama pelajar. Transportasi pun kebanyakan diskon 50% buat pelajar.

Nggak afdol rasanya kalo ke Athena nggak mengunjungi Akropolis. Rada capek sih menanjak bukit ini. Plus, waktu saya kesana itu adalah pas musim panas pas lagi panas-panasnya kota itu. Di Akropolis inilah terdapat Parthenon, kuilnya Athena sang dewi kebijaksanaan, perang, intelegensi, dan keterampilan. Menurut saya sih nggak fancy-fancy amat. Besar sih tapi salah satu turn offnya … It is under restoration. Dulunya Parthenon ini di convert menjadi gereja lho … Kemudian di rubah lagi menjadi mesjid! Dan sekarang jadi objek wisata. Salah satu penghasilan terbesar di sektor pariwisata Athena. Nah, dari Akropolis ini bisa ngeliat landscape kota Athena. Kalau malam seru kali, ya. Dari sini juga bisa terlihat jelas kuil Zeus! Dan kuil itulah next stop saya.
SAM_3152
SAM_3153
SAM_3149
Wow! Itulah impresi saya ketika melihat kuil ini dari dekat. Nothing special sih nothing fancy. Tapi gede banget, giant! Dan mungkin seharusnya memang seperti itu melihat karakter Zeus yang … you know. Nggak tersisa banyak sih, hanya ada beberapa pilar yang masih tegak dan beberapa yang sudah runtuh di tanah. But i think that what makes this place … different.
SAM_3168
Nggak perlu ke kuil kok buat “ketemu” dewa-dewi, ya nggak perlu mati juga sih, heheh. Di sekitar kota juga terdapat beberapa patung representasi dewa-dewi ini. Misalkan di depan sebuah universitas di Athena terdapat patung Athena dan Apollo sang dewa musik diatas pilar yang tinggi banget. Disinilah saya rada punya pengalaman nggak enak (baca postingan sebelumnya). Di depan sebuah kafe saya juga “bertemu” Artemis, dewi pemburu. So, just go around the town.

Kuil Poseidon adalah kuil terjauh yang saya kunjungi. Terletak di Sounou Cape, mungkin sekitar 2 jam dari kota Athena. Trust me, ambil bis yang coast line and you will never regret it. Perjalanannya itu sangat seru pemandangannya! Lautnya warna hijau biru benar-benar wajah lain dari kota Athena. Mungkin laut terindah yang pernah saya liat. Saya sangat recommend kalian untuk pergi ke salah satu pantai di Athena. Sumpah ngeliatnya aja dari bis sudah keren parah.
SAM_3180
20130708_170245
Saya sudah lupa berapa harga tiket masuk ke kuil poseidon ini tapi saya yakin kurang dari 5 Euro. Mungkin hanya 2 Euro kalau punya kartu pelajar international. Menurut saya kuil Poseidon ini adalah yang terkeren. Bayangin deh, setelah 2 jam perjalanan dengan pemandangan pantai dengan warna laut yang sumpah sangat-sangat mempesona, akhirnya sampai di sebuah kuil yang dulunya dipersembahkan untuk memuja dewa lautan. Duduk disalah satu batu dekat kuil ini, pemandangannya adalah birunya laut dengan angin yang rada kencang, sih but ok lah. Nggak banyak yang bisa dilakuin disini kecuali mengagumi kuil Poseidon ini, saya pun nggak lama-lama di kuil ini dan kembali ke kota Athena melalui jalur yang sama. FYI, bisnya nggak sesuai waktu, so mending pulang lebih cepat dari pada nggak bisa pulang sama sekali.
SAM_3137
SAM_3144
SAM_3114
20130707_103737 SAM_3131 SAM_3148

_lucky77_

2 pemikiran pada “Mengunjungi Dewa-Dewi di Athena

Tulis balasan kamu ^^

