Rute Trip Eropa 1 Bulan

Saya baru datang dari trip Eropa selama satu bulan enam hari. Berikut adalah rute perjalanan saya. Moga-moga bisa jadi reference nantinya kalo teman-teman mau jalan-jalan ke Eropa.

Incheon, Korea Selatan – Istanbul, Turki (3 – 6 Juli)
Alright, perjalanan saya mulai dari bandara internasional Gimpo di Seoul, Korea Selatan. Saya beli one way ticket dari Gimpo ke Istanbul Ataturk Airport naik China Southern Airlines. Jadwalnya berangkat jam 12.30 dan transit di Beijing beberapa jam kemudian sampai di Istanbul jam 00.20. Tadinya sih rencana mau tidur di airport sampai pagi, ternyata ada masalah dengan China Southern Airlines sehingga saya bersama 28 orang lainnya di pindahkan ke Turkish Airlines sampai di Istanbul jam 6.30 pagi. Yayyy!
Di Istanbul saya menghabiskan 4 hari 3 malam. Selama 4 hari 3 malam ini saya bisa mengunjungi tempat-tempat wisata penting seperti Blue Mosque, Hagia Sofia, Grand Bazaar, Topkapi Palace, dan lainnya. Bukan hanya tempat-tempat wisata umum, tapi juga tempat hangout orang-orang Turki seperti Istiklal Street di daerah Taksim, Bagdat Street di daerah asia Istanbul, daerah Kadikoy (dimana saya mencoba sisha), dan lain sebagainya.
SAM_3103

Istanbul, Turki – Athena, Yunani (6 – 9 Juli)
Dari Sabiha Gökçen International Airport saya terbang ke Athena naik Pegasus Airlines. Harganya murah banget, mungkin karena saya bookingnya 2 bulan sebelum keberangkatan. 4 hari disini saya bisa kunjungi Akropolis, Agora, jalan-jalan keliling kota, sampai ke Sounio buat liat Poseidon Temple.
SAM_3162

Athena, Yunani – Roma, Italia (9 – 11 Juli)
Kali ini saya juga terbang pake EasyJet. Sebenarnya EasyJet ini juga adalah low-budget airlines, tapi karena saya booknya rada telat jadi dapat harga yang lumayan juga. Roma is AWESOME!  Memang sih banyak yang bilang kalau di Roma itu banyak copet dan rada bahaya. Tapi Roma adalah salah satu kota favorit saya selama perjalanan ini. Saya disini selama 3 malam 2 hari penuh. Hari pertama saya habiskan buat explore kota Roma dengan jalan kaki ngikutin peta!
SAM_3243

Roma, Italia – Vatican City, Vatican City (11 Juli)
Vatican City itu adalah negara independen, lho. Letaknya ya di dalam kota Roma. Kalau ke Roma sangat wajib kesini! Bisa naik metro. Vatican City ini saya kunjungi pas hari kedua di Roma.
SAM_3427

Roma, Italia – Pisa, Italia (12 Juli)
Naik kereta jam 9.40 dari Stasiun Termini langsung ke Stasiun Pisa Centrale sampai jam 12.50. Booknya harus cepat-cepat soalnya harga naik seiring waktu dan persediaan kursi. Bisa di booking lewat trenitalia.com. Di Pisa cuman mampir sebentar buat ngeliat menara Pisa yang jaraknya sekitar 15 menit naik bis dari Stasiun Pisa Centrale.
20130712_140030

Pisa, Italia – Firenze (Florence), Italia (12 Juli)
Firenze ini jaraknya cuman 50 menit saja dari Stasiun Pisa Centrale ke Stasiun Firenze S.M. Novella. Dari Stasiun Pisa Centrale banyak kok kereta yang pergi ke Firenze. Harganya sekitar 7 atau 8 EUR. Di Firenze pun hanya beberapa jam saja sampai malam ambil kereta menuju Venice.
20130712_183907

Firenze (Florence), Italia – Venezia (Venice), Italia (13 Juli)
Dari Stasiun Firenze Campo di Marte saya naik kereta malam dari jam 2 malam sampai di Stasiun Venezia S. Lucia jam 6 pagi. Terus terang kereta malam rada nggak nyaman soalnya satu ruangan itu ada 6 orang. Murah sih, but you know … Venezia itu kotanya bagus dan banyak kanalnya. Saya cuman satu hari saja disini, nggak nginap soalnya kotanya juga kecil.
SAM_3643

Venezia (Venice), Italia – Barcelona, Spanyol (13 – 15 Juli)
Sebenarnya saya dari Venezia ini harus naik shuttle bus ke Treviso Airport yang harganya 10 EUR (Mahal T.T) terus terbang bukan ke Barcelona tapi kota dekat Barcelona yaitu Girona. Nah, karena harga tiket pesawat (Ryan Air) ke Girona ini jauh lebih murah dari ke Barcelona jadi saya memutuskan untuk ke Girona terus naik bis ke Barcelona. Dari Girona Airport ke Barcelona makan waktu sekitar 2 jam dan harga tiket busnya 15 EUR (mahaaaal!!). Jadi mungkin ada baiknya ngeliat harga tiket pesawat langsung ke Barcelona Airport. 3 malam 2 hari di Barcelona and enjoyed it very much.
SAM_3722

Barcelona, Spanyol – Paris, Perancis (16 – 18 Juli)
Naik Ryan Air lagi kali ini dari Barcelona Airport ke Paris Beauvais Airport. Nggak nyangka kalau Paris Beauvais Airport itu 2 setengah jam dari kota Paris and it costed me 16 EUR for the bus! 3 hari 3 malam di Paris and loved every second of it. Paris itu rada tua kotanya. Ada yang bilang “everything looks gray in Paris.”
SAM_3807

Paris, Perancis – Brussels, Belgia (19 Juli)
Nah, dari Paris ini teman saya dari Belanda ikut saya travel dan dia bawa mobil. Jadi saya sama dia naik mobil ke Amsterdam singgah sebentar di Brussels. Brussels ini kotanya sangat membosankan, jadi saya cuman jalan-jalan sebentar dan makan waffle dan coklat, plus ngeliat Manneken Pis yang somehow terkenal itu lho.
SAM_3976

Brussels, Belgia – Amsterdam, Belanda (20 – 24 Juli)
Di Amsterdam saya tinggal sampai 5 hari karena saya dari dulu emang pengen banget ngunjungin Belanda. Sebenarnya nggak terlalu banyak yang bisa dilihat, tapi banyak yang bisa di “coba”. Menurut saya untuk sightseeing doang sih 5 hari kelamaan.
SAM_4126

Amsterdam, Belanda – Oslo, Norwegia (25 – 26 Juli)
Naik pesawat dari Norwegian Air yang mungkin buat orang Norwegia adalah low-budget airlines. Harga di Norwegia ini semuanya mahal! Nggak terlalu banyak yang bisa dilihat disini. Kalau ke Norwegia jangan ke kotanya tapi ke alamnya 🙂 Di Oslo 2 hari 3 malam.
SAM_4221

Oslo, Norwegia – Bergen, Norwegia (27 – 30 Juli)
Bergen ini katanya kota kedua terbesar di Norwegia yang menurut saya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari kota kelahiran saya: Balikpapan. Di Bergen ini turun hujan selama 250 hari per tahun, katanya teman sih. Dari Oslo ke Bergen saya memilih naik kereta durasi 7 jam seharga 250 NOK (harga promo). Katanya pemandangan sepanjang jalan adalah salah satu pemandangan terindah di dunia, lho! Di Bergen saya tinggal 4 hari 3 malam. 2 hari saya habisin buat hiking di Kalvedal dan Kvingo.
20130727_111650

Bergen, Norwegia – Kopenhagen, Denmark (30 Juli – 2 Agustus)
Naik Norwegian Air lagi dari Bergen Airport ke Copenhagen Airport. Kopenhagen ini kotanya asik banget dan kelihatan sehat. Banyak orang yang olahraga lari dan naik sepeda. Selain pergi ke major attractions seperti Stroget Street dan patung Little Mermaid, saya juga sempatin ke daerah Christianshavn. Tempat apakan Christanshavn itu? Tunggu postingan tentang Kopenhagen deh :).
20130802_161320

Kopenhagen, Denmark – Malmo, Swedia (1 Agustus)
Kopenhagen ini letaknya di ujung dekat perbatasan dengan Swedia. Kota terdekat adalah Malmo yang berjarak hanya 20 menit dengan kereta atau 1 jam dengan bis. Kota Malmo ini sangat membosankan dan sangat nggak worth visit.
SAM_4390

Kopenhagen, Denmark – Berlin, Jerman (3 – 6 Agustus)
Naik bis malam ke Berlin. Enak-enaknya tidur, bis harus naik ferry dan kita harus keluar dari bis selama 2 jam. Sebenarnya saya nggak cuman mengunjungi Berlin, tapi juga sebuat kota bernama Potsdam sekitar 30 menit dari Berlin. Disana terdapat sebuah istana yang lumayan buat di kunjungi. Terus terang saya rasa Berlin ini punya suasana yang sangat depressing :/.
SAM_4450

Berlin, Jerman – Incheon, Korea Selatan
Perjalanan berakhir di Berlin.

Satu bulan enam hari, 12 negara, 16 kota, kurang lebih 10 kilo barang bawaan di backpack, dan kurang lebih 3,500 USD. It was awesome.
캡처
Foto-foto saya unggah di facebook saya. Mari diliat-liat di http://www.facebook.com/asaftira. And please subscribe, ya!

_lucky77_

9 pemikiran pada “Rute Trip Eropa 1 Bulan

1. wah… menarik sekali kota kotanya.jadi pengen cepet cepet kesana juga >,<tapi.. terlalu cepat penjelasan tiap kotanya.. mungkin karena aku yang pemula ini musti mencerna baik baik dan dengan hati hati :(3500 $ itu biaya yg cukup gede ya.. tapi sebanding lahbtw, kalau boleh tanya…. km di biayain ya, maksudnya ada sponsor khusus gitu? atau mungkin traveling nya barengan jadi cost nya agak ringan?

2. Hello .. Thank you udah jalan2 kesini :)Postingan yang ini cuman itinerary aja, detailnya ntar saya tulis satu ^^ so , di subscribe (follow) ya :)3500$ itu sudah termasuk semuanya (termasuk transportasi dari Korea-Eropa).Terus terang itu sangat budget banget, saya tinggal tempat temen saya di beberapa kota, kalo tinggal di hostel mulu 3500$ itu pasti nggak cukup untuk bulan :)Saya kerja part time sambil kuliah di sini (Korea) selama satu semester, jadi murni uang saya sendiri :)dan travelingnya sendirian T.T tapi ya di beberapa kota ada teman and di beberapa kota dapat teman …tunggu postingan selanjutnya ya ^^foto2nya ada yang udah saya upload di facebook saya di link di atas 🙂

3. saya jg akan brangkat 1 bln mulai dr india, turki br lanjut eropa. dan saya blm punya tempat untuk menumpang disana. kalau perjalanan lewat darat lebih mahal y drpd udara. soalnya saya blm buat itin. rencanany mau pakai transportasi umum aja. soalny kalau saya suka tinggal di satu daerah saya suka ngabisin waktu lbh lama disana