Kalau Ke Busan Kemana?

SAM_2199
Wah, saya sih bukan orang Busan ya. Maksudnya saya nggak pernah tinggal lama di Busan. Pernah sih beberapa kali kesana. Buat yang nggak tau dimana, Busan itu adalah kota terbesar kedua di Korea setelah ibu kota Seoul. Letaknya itu di ujung tenggara peninsula Korea. Kalau dari Seoul itu sekitar 4 jam setengah naik bis, kalau naik KTX lebih cepat pastinya.

Kemana sih kalau jalan-jalan ke Busan? Well, yang paling terkenal sih pantai Heundae (해운대) yang menurut saya sih biasa-biasa aja. Beruntunglah kita menjadi orang Indonesia. Heundae mah nggak ada apa-apanya. Kalau musim panas disini rame sekali. Saya pernah lihat gambar pantai Heundae isinya ya payung-payung di pinggir pantai sama orang-orang dengan ban warna kuning memenuhi pantai. Sangat nggak alami lah pemandangannya.
SAM_2217

Di Heundae ini juga kamu bisa liat-liat bangunan Nurimaru Apec House yang bentuknya lucu. Terus ada juga Busan Aquarium yang harga tiket masuknya rada mahal sih menurut saya (2010: KRW 14.000,00) untuk ukuran akuarium sekecil itu. Di dalam akuarium ada kuda laut yang lucu banget! Di sini juga ada Pasar Heundae (해운데 시장) dimana kamu bisa cari (dan beli) produk-produk laut dan gorengan enak. Ke Heundae gampang kok. Tinggal ke line dua Heundae Station!

Ada lagi pantai Gwangalli (광안리) nggak jauh-jauh ama dari Heundae. Dari Gwangalli sini kamu bisa mellihat jembatan Gwangan (광안) yang keren banget! Apalagi kalau malam-malam di pasang lampu di jembatannya. Romantis!
IMG_1549

Waktu saya ke Busan bareng teman Malaysia saya tahun 2010 saya pergi ke Kuil Beomeosa (범어사) karena letaknya paling dekat dari terminal bis Busan. Kuil ini ada di gunung, jadi harus mendaki. Menurut saya sih biasa saja karena ya tipikal kuil-kuil di Korea. Kalau mau kesana, turunlah di stasiun Beomeosa ambil exit 5 atau 7, jalan sampai halte bis dan naik bis nomor 90.

Ada lagi sih Busan Tower. But, no comment deh.

Nah tempat favorit saya di Busan adalah Kuil Naga (용궁사). Kuil ini letaknya dekat pinggir laut. Kuil ini dibangun untuk menghormati Seawater Great Goddess Buddha of Mercy yang gosipnya hidup di lautan dan mengendarai pundak naga. Saya suka sekali pemandangannya. Sayangnya saya datang ke sini pas sore hari dan kuil ini menghadap ke arah timur, jadi saya nggak bisa ngeliat sunset dari sini. So, kalau kamu pergi ke sini, pas pagi-pagi saja. Cara kesini rada susah sih menurut saya. Pertama pergi ke line 1 Jungdong Station (중동역), keluar dari exit nomor 8. Jalan terus sampai ada persimpangan, belok kanan sampai halte bis. Naik bis nomor 181.
IMG_1606

Ayo ke Busan!

_lucky77_

Satu pemikiran pada “Kalau Ke Busan Kemana?

Tulis balasan kamu ^^

