Sunset dan Sunrise di Angkor Archaeological Park

Saya sama sekali nggak tau ternyata di Siem Reap itu bukan cuman ada Angkor Wat, tapi ternyata banyak sekali reruntuhan lain dan sangat besar-besar. Semuanya di satukan menjadi sebuah Archaeological Park. Tiketnya saja ada yang untuk satu hari (USD 20,00), 3 hari dalam satu minggu (USD 40,00), dan 1 minggu dalam satu bulan (USD 60,00).

Resepsionis di guesthouse saya menerangkan bahwa ada dua macam rute atau paket untuk menjelajahi taman Angkor ini. Yang pertama adalahsmall tour, harganya USD 12,00.  Dalam rute ini, kamu bisa melihat Angkor Wat, Angkor Thom (di dalamnya ada Bayon dimana kamu bisa melihat candi dengan banyak sekali kepala Buddha), Ta Keo, Ta Phrom (Tempat syuting Tomb Raider), dan Prasat Kravan. Satunya yang lain adalah grand tour yang harganya USD 15,00. Grand tour ini akan membawa kamu lebih jauh lagi dengan banyak temple lainnya. Nah, kalau mau liat sunrise ditambah USD 3,00. Sebenarnya harga ini hanyalah untuk menyewa tuk-tuk yang akan mengantar kita ke rute yang kita pilih. Ya beberapa dolar mungkin untuk komisi ke guesthouse kali ya.

Saya memutuskan untuk mengambil small tour saja plus sunrise. Pas di guesthouse bertemu dengan mba-mba dari Guatemala inside tapi Japan outside, akhirnya kita memutuskan untuk pergi bareng. Yay!

Ada yang penasaran nggak kenapa saya tulis di judul “Sunset dan Sunrise“? Padahal kan sunrise dulu baru sunset. Well, sebenarnya kamu bisa datang jam 5 sore ke kompleks Angkor ini untuk melihat sunset di Phnom Bakheng (Mountain Temple) dengan syarat kamu harus membeli tiket untuk besok. Karena berbentuk gunung, jadi saya harus mendaki plus harus ngantri panjang soalnya ternyata diberi batas jumlah orang yang bisa berada di puncaknya. Jadi, harus ada orang yang turun dulu baru orang di bawah bisa naik. Banyak sekali orang yang mencoba menyerobot antrian, tapi malah di suruh kembali ke antrian belakang, disini penjagaan sangat tegas, jadi jangan coba-coba.

Sunset di Phnom Bakheng ini menurut saya sih sangat biasa saja. Mau foto, pasti keikutan dalam fotonya manusia-manusia lain yang mau berfoto dengan matahari. Sangat ramai dan terus terang, does not really worth it. Yang ada cuman cape naik gunungnya. Tapi banyak aja lho yang stop di beberapa spot untuk mengambil foto matahari terbenam itu. Saya lebih suka sunset pas waktu di Pantai Losari di Makassar. Kalau soal alam, kayaknya Indonesia masih nggak ada duanya!

Nah, untuk melihat sunrise saya harus bangun pagi jam 4 dan pergi jam 5 bersama dengan mba Guatemala dan tuk-tuk tentunya. Sampai di pintu masuk, kita harus menunjukkan tiket kita yang by the way keren banget, soalnya ada foto kita, udah kayak KTP. Dari pintu masuk Angkor Wat kita harus jalan kaki melewati jembatan sampai di depan danau kecil. Nah, disitulah saya dan ratusan orang asing lainnya mengambil tempat untuk bisa mengambil foto sunrise.

Walaupun saya expect lebih, saya lebih suka sunrise di Angkor Wat daripada sunset di Phnom Bakheng. Kalau kamu bisa bermain dengan setting kamera, kamu bisa dapat hasil dengan warna-warna yang keren banget. Karena candi ini berada di depan matahari, jadi pas sunset candi ini hanya terlihat seperti bayangan hitam dengan warna cerah di bagian belakang. Worth to see, sih.

Yang paling saya nikmati adalah waktu menunggu sunrise di Angkor Wat. Langit masih gelap dan sumpah … langitnya keren banget dihiasi sama bintang-bintang. Jarang-jarang saya lihat bintang sebanyak dan seindah itu di langit seluas itu. Andai waktu itu saya bersama dia. Dia siapa? Hahah. Emang ada? Hahah again.

Setelah puas mencet-mencet tombol kamera dengan foto yang sama, barulah kami beranjak masuk ke Angkor Wat dan meneruskan perjalanan satu harian penuh!

Penasaran sama hasil fotonya? Ini dia!
SAM_1626 SAM_1686 SAM_1676 SAM_1683

_lucky77_

Tulis balasan kamu ^^

